Pentingnya Orang Tua Menjadi Teman Anak

Dimasa yang semakin canggih dan modern ini, peran orang tua sangatlah penting. Namum akhir - akhir ini mulai tergeser oleh teknologi yang semakin cang
Foto Dokumen - santrinews.com

Dimasa yang semakin canggih dan modern ini, peran orang tua sangatlah penting. Namum akhir - akhir ini mulai tergeser oleh teknologi yang semakin canggih, apabila orang tua tidak gencar melakukan perannya bisa jadi anak tidak akan menghiraukan orang tuanya lagi.

Saat ini, anak - anak dari yang masih balita saja sudah melek terhadap gadget. Zaman dulu orang yang bisa menggunakan gadget itu hanya orang yang mempunyai finansial cukup dan itu juga diperuntukkan hanya untuk orang dewasa. Tekonlogi yang semakin canggih ini seolah menjadi primadona bagi anak -anak, dimana anak-anak hanya bergantung pada hal-hal yang bersifat ajaib seperti gadget, televisi, komputer, dll.

Dengan adanya primadona baru bagi anak - anak otomatis posisi orangtua bisa saja menjadi tergantikan dihadapan anak jika kita tidak pandai dalam memposisikan diri terutama dalam hal pengasuhan terhadap anak. Banyak orangtua yang kerja tanpa tahu waktu dengan alasan semua dilakukan untuk anak dan untuk memenuhi kebutuhan anak. Padahal yang dibutuhkan anak bukan hanya materi tetapi perhatian dan kasih sayang yang cukup. Hal inilah yang terkadang bisa memicu timbulnya tindakan-tindakan yang tidak diinginkan orang tua.

Memang tidak salah orang tua mencari rezeki menjalankan Bisnis Digital karena itu sebagai wujud tanggungjawab dan sayang mereka terhadap anak, tetapi banyak orang tua sekarang lupa akan peran mereka terhadap anak yang membutuhkan perhatian, kasih sayang, pendidikan pertama dll. Orang tua akan jarang dirumah dan jarang mengkontrol tindakan anak disebabkan karena orang tua sibuk dengan kerjaan mereka masing - masing sehingga banyak anak mencari perhatian dengan melakukan hal-hal yang mungkin bisa membuat orang tua merasa kesal dan marah. Padahal sejatinya anak hanya minta perhatian mereka.Tugas orang tua yaitu memberi pengasuhan, pembinaan, perawatan, dan bimbingan yang baik kepada anak. Dengan kata lain orang tua memilki tugas Parenting kepada anak.

apakah teman - teman tau pengertian PARENTNG itu?
Arti Parenting menurut beberapa ahli yaitu menanamkan akhlak (Budi pekerti) kepada jiwa anak agar tertanam jiwa kebaikan terhadap sesama. Ada juga yang mengartikan suatu cara terbaik yang ditempuh orang tua sebagai wujud tanggung jawab dalam mendidik anak menjadi manusia yang Kamil (baik)

Dalam hal ini, para orang tua harus memberikan pola asuh yang baik terhadap anak, karena nantinya pola asuh akan menjadi cerminan diri anak saat ia menjadi dewasa nanti. jadi orang tua harus selalu memperhatikan pola asuh terhadap anak kalau tidak bagaimana nasib anak- anak penerus bangsa ini.

Pada zaman modern ini Orangtua kebanyakan kurang memperhatikan pola asuh anak dalam hal kejiwaan mereka, mereka menganggap bahwa materi bisa merubah segalanya tidak hanya memendidik dan mengantarkan anak pada kebahagiaan tetapi apa yang mereka inginkan akan tercukupi padahal jika dipelajari dan diteliti lebih seksama kebahagiaan anak bukan hanya bertumpu pada materi, namun juga perhatian dan kasih sayang yang diberikan orang tua.

Jadilah orangtua sekaligus teman untuk anak agar kejiwaan anak stabil dan mereka merasa bahagia karena mendapatkan perhatian dan kasih sayang sesuai yang mereka butuhkan. Tidak hanya itu orang tua harus menjadi role mode bagi anak - anak mereka yang kelak akan diikuti sampai mereka tua kelak.