Menegur Anak yang Melakukan Kesalahan

Dalam kehidupan sehari - hari manusia tak luput dari yang namanya kesalahan tidak hanya anak - anak saja tetapi juga orang dewasa. Anak - anak cenderu
Foto Dokumen - nurulhuda.id

Dalam kehidupan sehari - hari manusia tak luput dari yang namanya kesalahan tidak hanya anak - anak saja tetapi juga orang dewasa. Anak - anak cenderung melakukan kesalahan yang sama karena mereka belum bisa membedakan mana yang baik dan buruk. Maka dari itu kita akan belajar cara - cara menegur anak yang baik dan benar yg sudah pernah diajarkan Rasulullah.

Memberi teguran atau hukuman boleh saja dilakukan asalkan tidak membuat anak menjadi trauma, teguran atau hukuman dilakukan untuk mendidik anak agar tahu itu benar atau salah.

Macam - macam cara menegur anak yang baik yaitu :

Teguran langsung
Teguran langsung yaitu teguran yang langsung diberikan pada seseorang tanpa perantara atau sindiran, sebagaimana yang pernah dilakukan Rasulullah kepada sahabatnya Umar bin Abi Salamah yang sering mengulurkan tangan keberbagai penjuru saat makan. Cara yg dilakukan Rasulullah yaitu menegurnya langsung dengan nada yang lembut dan kalem " Nak! Bacalah basmalah sebelum makan, gunakanlah tangan kanan dan mulailah dengan makanan yang ada didekatmu.

Sindiran
Banyak cara menegur anak salah satunya dengan cara sindiran. Cara ini juga pernah Rasulullah lakukan terhadap anak didiknya. Contohnya 30 detik ditegur 30 detik dipuji