Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen Sumber Daya Manusia adalah ilmu yang mempelajari khusus peranan serta hubungan manusia dalam suatu organisasi perusahaan. Unsur MSDM adalah yang termasuk tenaga kerja atau karyawan pada suatu perusahaan adalah manusia. Jadi MSDM ini hanya fokus terhadap tenaga kerja seorang manusia.
Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia
Menurut Drs. Malayu S.P. Hasibuan, Manajemen Sumber Daya Manusia adalah suatu ilmu yang mengatur suatu hubungan serta peranan tenaga kerja agar lebih efisien dan efektif agar dapat membantu terwujudnya suatu tujuan perusahaan, karyawan, dan juga masyarakat.
Pengertian manajemen menurut Marwansyah yaitu pendayagunaan SDM didalam suatu organisasi yang dilaksanakan melalui fungsi-fungsi perencanaan SDM, pengembangan SDM, perencanaan dan pengembangan karir, seleksi dan rekrutmen, pemberian kompensasi dan kesejahteraan, hubungan industrial, serta kesehatan dan keselamatan kerja.
Menurut Samsuni MSDM adalah pelaksanaan, pengontrolan serta rencana pengorganisasian SDM (Sumber Daya Manusia) dalam mencapai suatu tujuan yang efektif dan efisien suatu organisasi.
Menurut Kastra (2012) Komponen MSDM terdiri dari pimpinan, pengusaha, dan karyawan. 
Metode pendekatan MSDM yaitu pendekatan mekanis, pendekatan paternalis, dan pendekatan sistem sosial. 
a. Pendekatan mekanis 
Adalah tenaga manusia yang dapat tergantikan dengan tenaga mesin untuk melakukan pekerjaan. Penggantian tersebut berdasarkan pertimbangan efektifitas, kemanusiaan, ekonomis, serta kemampuan yang lebih baik dan juga lebih besar.
b. Pendekatan paternalis
Adalah manajer yang bertugas untuk memberi pengarahan kepada bawahannya. Manajer juga bertindak seperti kepala keluarga kepada seluruh angota keluarganya. Para bawahan-bawahan manajer seharusnya diperlakukan dengan baik, segala fasilitas diberikan, serta bawahan tersebut dianggap juga sebagai keluarganya.
c. Pendekatan sistem sosial
Pendekatan sistem sosial memandang bahwa perusahaan/organisasi adalah suatu sistem yang mempunyai sifat kompleks yang juga beroperasi dalam suatu lingkungan yang kompleks juga dan biasanya disebut sebagai suatu sistem yang beroperasi di luar.
MSDM berfungsi sebagai pengarahan, pengendalian, pengintegrasian, pengembangan, kompensasi, pengorganisasian, pemeliharaan, kedisiplinan, perencanaan, pengadaan serta pemberhentian.

Nurul Huda
Nurul Huda Pendapatku yang benar tapi bisa jadi salah dan pendapat selainku itu salah tapi bisa jadi benar | Orang bodoh yang masih butuh bimbingan dalam menulis dan mengarang isi konten jendelaku

Tidak ada komentar untuk "Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia"

Berlangganan via Email